Pengertian Rokok Elektrik Vapor atau Vape

Vape atau yang lebih kerap dengan Vapor adalah rokok elektrik yakni sebuah alternatif dari produk tembakau sebagai pengganti rokok. Rokok elektrik adalah suatu perangkat dengan tenaga baterai yang menfasilitasi dosis nikotin hirup memberikan efek sama seperti merokok konvensional. Rokok ini menyediakan rasa dan sensasi fisik yang hampir sama dengan asap tembakau hirup. Namun, di dalam perusahaan tidak melibatkan tembakau, asap atau pembakaran.

Pada dasarnya vapour adalah hasil penguapan dri cairan yang diteteskan ke kapas yang telah dipanaskan oleh listrik. Rokok indonesia biasanya berbentuk tabung yang memanjang. Kalau sola baik atau buruknya efek vapour hingga saat ini kaga diketahui secara pasti. Hingga saat ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Sebenarnya riset / penelitian yang mendalam mengenai vapor ini belum wujud. Yang dibahas adalah terhadap nikotin yang digunakan pada dalam vaping, tapi tidak semua liquid berbahan nikotin cair. Vapor mulai dikembangkan pada tahun 2003 jadi belum sampai 10 tahun. Apabila ada penelitian atas vapor ini sebaiknya terlepas dari pengaruh perusahaan pesaing seperti perusahaan rokok. Karena sejak dikembangkan produk vapor ini banyak yang beralih dan memilih meninggalkan rokok konvensional.
Tetapi, para pemilik vapor atau rokok elektrik tetap harus wapada. Rokok ini sudah diteliti Asosiasi paru-paru di Amerika yang hasilnya belum dinyatakan totally aman. Sebab, masih bisa berpotensi menyebabkan penyakit kanker, asama, radang paru-paru serta penyakit jantung sebagai akibat dari zat kimia yang dikandungnya. Oleh sebab tersebut, WHO dan BPOM masih menunggu penelitian lanjutan untuk menyatakan keamanan penggunaan rokok elektrik jangka panjang.

Add Comment